Monday, November 1, 2010

Berpikir Ulang Tentang Java

wihartoyo wihartoyo     Monday, November 01, 2010     No comments

Mungkin sedikit agak telat kalo aku nulis ini. Ini terkait akuisisi Sun Microsystem oleh Oracle kemudian diikuti oleh keluarnya Jonathan Schwartz serta keluarnya James Gosling salah satu co-creator Java dari Oracle April 2010 dan jika kita mengikuti blognya, maka kita sungguh akan sangat berpikir bahwa ada yang "kurang baik" yang mengikuti akuisisi SUN Microsystem oleh Oracle. Yang paling hangat saat ini adalah mengenai pertengaran Oracle dan Google khususnya pada Android sebuah opensource project dengan bahasa pemrograman Dalvix yang notabene opensource turunan java. Kenapa Google dikejar sementara baik Android dan Dalvix adalah opensources? Karena Google menyatakan bahwa mereke berdiri di belakang Android. Dor! Plak ada sasaran! Dan jadilah ada "pertengkaran rumit" antara Oracle adn Google.
Sejauh ini, "pertengkaran" antara Oracle Google memang belum memberikan imbas negatif terhadap perkembangan java. Namun saya yakin dari kondisi seperti ini, lama-kelamaan akan terpengaruh juga. Dan dari berita-berita terakhir ternyata peperangan Oracle dan Google masih berlangsung.
"Konfrontasi ini, bukan tentang perusahaan yang baik atau perusahaan yang jahat adlam situasi ini." Kata Douglas Lea, seorang ilmuwan dari State University of New York. "Tetapi ini tentang perusahaan-perusahaan yang bersaing secara jahat (viciously) dan mempunyai tujuan yang berbeda. Dan dalam kasus ini, anda bisa melihat 2 perusahaan/korporasi yang mengkampanyekan 2 bentuk yang berbeda dari open-sources"
Yang menjadi terombang-ambing dalam kasus ini adalah orang yang tidak terlibat dalam peperangan ini, c.q. para pengembang open-sources. Mereka tentunya sangat berharap agar segera terwujud gencatan senjata antara kedua-belah pihak, atau setidaknya kedua-belah pihak menhindari hal-hal yang tidak perlu. Dan kata Lea, "Akan sangat sulit untuk memprediksikan konsekuensi dari dua perusahaan yang saling bentrok satu sama lain". Dan bagi saya sendiri, saya yang bukan programmer java tetapi banyak bergantung sama java, sangat berharap untuk tidak perlu berpikir ulang tentang Java.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended