Friday, January 21, 2011

Install Sybase ASE 15.0.2 di Ubuntu 8.04 dan 10.04

wihartoyo wihartoyo     Friday, January 21, 2011     No comments

Sebelum aku bisa menginstall Sybase ASE 15.0.2 di Ubuntu 10.04, aku selalu menyarankan untuk menginstall Sybase ASE 15.0.2 menggunakan SuSE 10.0 GA.  Tetapi oleh karena kebutuhan untuk menjalankan ASE (dev) dan Zimbra secara bersamaan di Linux yang free, maka aku ambil Ubuntu sebagai sasaran utama.
Setelah tilik menilik dan tinjau meninjau mencari tahu Ubuntu versi berapa yang bisa ngejalanin Zimbra ver. 6.x, maka diketemukanlah Ubuntu ver. 8.0.4.  Karena tuan Zimbra ini cuma main di Ubuntu 8.0.4, maka aku harus berusaha untuk menginstall Sybase ASE 15.0.2 di Ubuntu 8.04. Hmmm.... proses install software berjalan mulus tanpa hambatan.  Namun ketika install servernya... opppss.....! Cuma Backup Server yang bisa terinstall saudara-saudara.... Saudara ASE ini ternyata mencari libstdc.so.5 saudara-saudara.
Hhh.... gugling lagi.  Ternyata Sybase ASE 15.0.2 jalan di Linux kernel 2.4.x.  Bah apapula ini... berarti kudu make Ubuntu 7.  Tidak....!
Hmmm.... gugling lagi.  Akhirnya aku harus mencicipi backward compatibility nya Ubuntu. Aku harus mengalah untuk menginstall libstdc++5 make perintah berikut

sudo apt-get install libstdc++5
Weit.... ternyata masalah belum selesai saudara. Ternyata beliau tergantung pada gcc-3.3-base dan terpaksa pula aku harus nurut sama beliau. OK, aku install temennya ini
sudo apt-get install gcc-3.3-base
Hmmm.... harus bisa sekarang.... Aku install lagi..... Prakkkk..... masih gagal.....
Gugling lagi.  Akhirnya dari beberapa forum dapat aku simpulkan bahwa ternyata ndoro Sybase ASE ini, minta dipatch dulu ke ESD#6.  Oke lah kalo begitu... aku donwlod beliau.... Dapet! Extract dan install patch.
Install lagi......
Tapi aww....... masih gagal, beliyaw ternyata butuh libaio.  Oke... akhirnya aku install pun bendoro libaio make perintah begini:

sudo apt-get install libaio1
Install lagi....
Alhamdulillah, semua berjalan mulus kali ini.  Jadi saudara-saudara sekalian, kalo anda butuh install Sybase ASE yang berjalan di atas Ubuntu 8.04 dan 10.04 yang kudu disediakan adalah:

  • gcc-3.3-base
  • libstdc++5
  • libaio1
  • dan yang pasti Sybase ASE-nya wajib kudu harus dipatch dulu ke ESD#6

Jadi, demikianlah saudara-saudara, cara kita menginstall ASE 15.0.2 di Ubuntu 8.04 dan 10.04.
O, ya...ada yang lewat... dan ini sangat pengting. Harus ada environment variable LD_POINTER_GUARD=1.  Tambahin aja satu baris di .profile file yang ada di $HOME user yang menjalankan server ASE dengan ini:
export LD_POINTER_GUARD=1
Beres.....
OK? Monggo dipun coba....

, ,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended