Wednesday, September 7, 2011

ACH Payment Cancelled

wihartoyo wihartoyo     Wednesday, September 07, 2011     No comments

Beberapa hari terakhir ini, terus terang ane agak terganggu dengan e-mail yang meskipun sudah tersaring masuk junk tapi content-nya cukup mengusik rasa penasaran yang terdorong oleh kehati-hatian ane.  Subject-nya cukup menggelitik. "ACH Payment Cancelled". Payment apaan ya? Apalagi waktu nengok content-nya.
Wrrr...., seakan-akan ane punya akun dan pernah melakukan transaksi dan transaksi itu ada yang 'nguthak-athik'.  Ane emang kagak punya akun di nacha (he he he, kaya tokoh hero china dengan roda apinya), tapi bisa jadi kan ada yang memang make imil ane buat bikin akun. Waw! Gawat...! Tapi...., kalo dilihat dari pengirimnya, hmmm.... @nacha.us, ada lagi yang dari @nacha.org. Wah wah wah...., emang benar domain itu milik suatu institusi bernama nacha baik yang dot u-es maupun yang dot org. Tapi kalo ane check imil ane dengan seakan-akan lupa password melalui website yang dot org, ternyata e-mail ane gak dikenali alias gak ada record mengenai e-mail ane. Alhamdulillah!  Kemudian, ane coba tanya ke mbah gugel dengan kiword seperti judul postingan ini. Dan.... ternyata......, imil ini adalah hoax yang berisi malware.  Coba check alamat ini, http://www.hoax-slayer.com/aca-payment-cancelled-malware.shtml. He he he.... emang benul sih, coba perhatiin attachmentnya dalam format kompresi zip. Tapi di box nya dibilang dalam format exe self-extracting archive. Artinya, kalo iya bener itu adalah suatu dokumen, kok olehe repot, udah dikompres, dibikin self-extract, kemudian dibikin kompres lagi. Wadow... repotnya...! Dan, ternyata (karena ane make linux) dengan sedikit dag-dig-dug plus beberapa keberanian, ane buka pula itu attachment, dan *.exe nya ane buka juga make archive manager.  Bah.... emang gak ada itu  *.pdf file yang dijanjikan, kecuali beberapa script yang berbahaya buat OS bikinanya Bill Gate.  So, kesimpulannya... benar... ini memang 100% hoax plus. Plusnya ya itu mallware.
Dan ternyata ada pernyataan dari NACHA sendiri di sini : http://www.nacha.org/news/newsDetail.cfm/RecentBusinessNewsID/207

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended