Thursday, September 22, 2011

Seberapa Cepat Kita Bergerak?

wihartoyo wihartoyo     Thursday, September 22, 2011     No comments

Menurut Guiness Book of World Recrd, gelar manusia tercepat disandang oleh Michael Johnson (US, Atlanta, Georgia, 21 Juli 1996) yang mampu lari 200m dalam waktu 19.32 detik atau sekitar 10.35 meter per detik. Tetapi sebenarnya manusia bisa bergerak lebih cepat dengan bantuan binatang seperti kuda, atau ketika terjun dari gedung tinggi, atau menggunakan mesin seperti mobil atau pesawat terbang. Rekor kecepatan tertinggi pesawat berawak yang ada saat ini dipegang oleh Lockheed SR-71 "Blackbird" dengan kecepatan sekitar 3500km/jam atau 600 m/detik. Gak terlalu kalah sih dibanding International Space Station yang mengorbit pada kecepatan sekitar 7725 m/detik.
Pada skala yang lebih besar, revolusi bumi mengitari matahari telah membuat kita bergerak pada kecepatan 18.5 mil/detit atau sekitar 30km/detik sehingga gak salah dong kalo saya bilang; kita masing-masing sebenarnya bergerak terus dengan kecepatan 30km/detik.
Kemudian, karena kita juga merupakan bagian dari suatu bintang pada suatu galaksi, ternyata, kita bergerak satu sama lain dalam satu Local Group ke arah konstelasi Hydra dalam kecepatan 600km/detik. Nah lo... betapa cepatnya ternyata kita ni...


Terjemahan bebas dari wikianswer.

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended