Wednesday, December 26, 2012

GMail: Server returned error "SSL error: unable to verify the first certificate"

wihartoyo wihartoyo     Wednesday, December 26, 2012     No comments

Beberapa minggu terakhir, email ane dari suatu e-mail provider yang menjalankan SSL dengan Self-Signed Certificate tidak lagi bisa ditarik ke GMail. Apa yang salah? Sepertinya ane tidak melakukan perubahan apapun terhadap setting account yang saya tarik tersebut.  Namun selalu, terjadi kegagalan saat melakukan pengecekan e-mail. Dan bila dilihat detail kesalahan melalui Settings-->Accounts-->Check mail from oher accounts ( using POP3):  maka bisa dilihat pesan kesalahan sebagai pada gambar berikut:


Hmmm.... ternyata mBah GMail gak bisa baca sertifikat SSL nya.  Aw.....! Kalo begitu mari kita check menggunakan "SSL Certificate Tester".
Tapi..... ternyata hasilnya tidak memperlihatkan kesalahan sertificate, kecuali bahwa sertifikatnya gak trusted.


Ah..... apa yang salah? Pusing saya cari sana, cari sini melalui mBah Gugel.  Ternyata banyak kawan yang mendapatkan kesalahan yang sama. Hingga suatu ketika, saya menemukan halaman ini:  Gmail Drops Support for POP3 with Self-Signed Certificates yang menggiring ane ke halaman Always use a secure connection (SSL) when retrieving mail  dari supportnya mBah Gugel. Point utama yang ditampilkan halaman ini adalah:


Dengan kata lain, mulai Desember 2012, mBah Gugel hanya mau menerima koneksi dengan sertifikat yang telah disetujui oleh mBah Gugel.  Wajar.  Dan di sisi lain, mBah Gugel juga secara tidak langsung  'memaksa' kepada mail service provider lain untuk 'memperbaiki' setting SSL-nya. Bagus, karena toh, e-mail yang ditarik bukan berasal dari mail server milik mBah Gugel. Cuma, mBah Gugel, tolong dong kita dikasih tahu sebelumnya.  Karena pesan kesalahan seperti yang ane jadiin judul adalah pesan kesalahan yang umum kalau terjadi kesalahan secara teknis.  Biasanya sertifikat udah abis.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended