Thursday, January 31, 2013

ClamAV Antivirus dengan Proteksi Aktif Linux Ubuntu 12.0.4

wihartoyo wihartoyo     Thursday, January 31, 2013     No comments

Kalo orang bilang Windows itu banyak virusnya itu biasa.  Karena, mungkin, windows sudah terlalu banyak usernya.  Karena, mungkin juga, masih banyak orang yang benci sama Microsoft.  Benci tapi rindu.  Karena, masih mungkin juga, pengamanan Microsoft memang rendah.
Kemudian, kalo orang bilang Unix atau Unix like macem Linux, orang bilang itu aman.  Gak ada virus.  Siapa bilang? Satu sisi, linux yang sudah begiu banyak distro-nya, bisa jadi menjadi salah satu faktor penentu pengamanan di Linux.  Namun, penggunaan java yang secara relatif kemudian justeru menyeragamkan bukan hanya linux, namun juga hampir seluruh desktop OS kemudian menjadi salah satu jalan bagi penyebaran virus; terutama pada web browser yang bisa memanfaatkan plugin java (baca link ini). Memang dalam link tersebut disebutkan contoh untuk Mozilla Firefox, dan Internet Explorer di Windows XP.  Namun, harus diingat, Linux pun mempunyai Mozilla Firefox dan bisa menjalankan plugin java.  Nah lo.....
Ok, dari preambule tadi, seharusnya kita pun harus hati-hati terhadap desktop linux kita. Apalagi pengguna Ubuntu yang diturunkan dari Debian, dan turunannya.  Ubuntu yang saat ini merupakan distro dengan pengguna yang banyak, mungkin merupakan distro yang paling rentan (bila kita beranggapan semakin banyak pengguna semakin rentan terhadap virus).
Kita perlu memasang antivirus meskipun desktop kita adalah linux.  Dan untuk tulisan ini, kita coba install yang gratisan aja; clamav.  Diinstall ke Ubuntu 12.0.4 desktop. Namun, untuk installasi standard, clamav tidak menyertakan on access scanning  yang secara aktif melakukan proteksi/scanning terhadap object yang ada di/ke/dari file system.
Untuk menginstall dengan tambahan fasilitas on access scanning kita perlu menginstall pula "clamfs".  Dan dengan Ubuntu kita cukup menjalankan ini:

saya@mesinsaya:~#sudo apt-get install clamav clamav-daemon clamav-freshclam clamfs clamtk

clamtk adalah graphical user interface dari clamav untuk menjalankan proses scanning dengan interface grafis. Freshclam digunakan untuk mengupdate database virus. Clamav-daemon adalah daemon multithread yang menggunakan libclamav untuk melakukan scan virus terhadap file. Clamfs adalah daemon yang melalui clamd (clamav-daemon) melakukan on access file scanning.
Pada proses instalasi, mungkin akan muncul peringatan berikut:
.
.

Setting up clamav-daemon (0.97.6+dfsg-1ubuntu0.12.04.1) ...
 * Clamav signatures not found in /var/lib/clamav
 * Please retrieve them using freshclam
 * Then run '/etc/init.d/clamav-daemon start'
Setting up libccgnu2-1.7-0 (1.7.3-1.1) ...
.
.
.

Jika peringatan di atas yang muncul, maka installasi sesungguhnya sudah berhasil, kita cuma perlu menjalankan

saya@mesinsaya:~#freshclam

untuk mengupdate virus database terlebih dahulu.  Setelah itu baru jalankan

saya@mesinsaya:~#sudo /etc/init.d/clamav-daemon start

Nah, selanjutnya kita aktifkan clamfs.  Untuk mengaktifkan clamfs kita perlu membentuk dan mengkutomisasi configuration file ini.  Perhatikan baik-baik konfigurasinya, dan sesuaikan lokasi-lokasi path yang cocok instalasi kita.  Kemudian, misal, kita simpan file di /etc/clamav/ sehingga fullpath untuk file konfigurasinya adalah /etc/clamav/clamfs.xml  sehingga untuk menjalankannya kita tinggal eksekusi:

saya@mesinsaya:~#/usr/bin/clamvs /etc/clamav/clamfs.xml

Demikian, selamat mencoba

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended