Tuesday, January 29, 2013

Monitor Penggunaan Bandwidth local Komputer dengan "iftop"

wihartoyo wihartoyo     Tuesday, January 29, 2013     No comments

Bagi para pengguna linux, aplikasi command line semacam 'top' mungkin sudah faham bahwa top adalah aplikasi untuk memonitor penggunaan resource memory, space hardisk, dan cpu secara real time.

Tampilan layar 'top'
Bagi pengguna AIX mungkin juga sudah terbiasa dengan penggunaan 'topas' yang secara umum mempunyai fungsi yang sama dengan 'top'.  Cuma mungkin 'topas' lebih lengkap secara presentasi dibanding 'top'.  Satu hal yang mungkin sangat berbeda dengan 'top', 'topas' telah menyajikan statistik real time untuk penggunaan resource jaringan.
Tampilan layar 'topas'
Maka, bila dengan AIX kita bisa melakukan monitoring terhadap penggunaan resource jaringan secara real time, maka bagaimana dengan linux?

Linux khususnya fedora dan debian, talah mempunyai aplikasi command line untuk memonitor jaringan secara real time.  Untuk Ubuntu (varian debian), aplikasi ini tidak secara default terinstall.  Agar kita bisa menggunakan aplikasi ini kita bisa menjalankan:

saya@mesinsaya:~$sudo apt-get install iftop

Setelah aplikasi terinstall ke komputer kita bisa melakukan real time monitoring terhadap resource jaringan kita dengan menjalankan

saya@mesinsaya:~$sudo iftop

Layar iftop dengan menampilkan port
Untuk menyembunyikan dan menampilkan port bisa dilakukan dengan "S" untuk source dan "D" untuk destination. Sementara "s" (huruf kecil) untuk menyembunyikan source address, dan "d" huruf kecil untuk menyembunyikan destination address.
Untuk menjalankan iftop dengan hanya menampilkan ip-nya saja, kita bisa jalankan dengan perintah:

saya@mesinsaya:~$sudo iftop -n

iftop dengan hanya ip address saja

OK, sekarang kita bisa melakukan monitoring terhadap resource jaringan kita dengan menggunakan iftop.

, ,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended