Monday, June 3, 2013

Pareidolia Mars

wihartoyo wihartoyo     Monday, June 03, 2013     No comments

Ketika penggemar UFO yang telah terkontaminasi teori konspirasi merasa mereka menemukan ada kehidupan di planet Mars, temannya yang lebih berfikir logis akan lebih berhati-hati dalam berpendapat. Seperti penampakan gambar berikut:


Perhatikan gambar yang dilingkari. Tikus? Ah.. bukan.... itu bukan tikus......
Yup itu cuman sekadar pareidolia yang setelah dicari di Wiki kira-kira artinya tuh:

Pareidolia (pengucapan bahasa Inggris: [pærɪˈdoʊliə] pa-ri-DOE-lee-ə) ) adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik. Kata ini berasal dari bahasa Yunani para-- "samping", "dengan", atau "bersama"-yang berarti, dalam konteks ini, sesuatu yang salah atau salah (seperti dalam paraphasia, pidato gangguan) dan eidolon - "gambar", kata pengecil dari eidos - "gambar", "bentuk", "bentuk".

Banyak sekali sebenarnya bentuk-bentuk pareidolia dari planet Mars.  Yang terkenal antara lain adalah:
1. Tumbuhan di planet Mars

---------Sejatinya, umbuhan ini cuma semburan gas karbon. Kejadian ini umumnya terjadi pada musim seminya Mars.

2. Balok kayu di Mars


---------Sejatinya, ini cuma sekedar pemandangan yang lumrah. Namun karena penampakannya sangat mirip dengan kayu, maka orang mendaulatnya sebagai kayu yang ada di Mars.

3. Wajah di Mars? Pyramid?
Ah...  sama saja, sepertinya semuanya cuma sekedar kesalahan penglihatan dan berdasarkan informasi dasar yang kita punya, maka kita menganggap/berharap semua kejadian itu adalah tanda-tanda kehidupan di Mars. Jadi? Ayolah kita berfikir rasional sajah.....

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended