Thursday, September 12, 2013

Terima Kasih KingSoft

wihartoyo wihartoyo     Thursday, September 12, 2013     No comments

Kalo dulu pernah saya posting tentang KingSoft Office sebagai alternatif terbaik microsoft office, itu artinya saya seneng bahwa akhirnya ada yang bisa menyaingi  Microsoft Office. Tapi itu masih di Windows.  Nah lo, masih main di Windows aja saya udah seneng.  Bagaimana jika kemudian Kingsoft ngeluarin yang di Linux? Dan itu ternyata bukan cuma hayalan.  Setelah main-main di IOS dan Andro, ternyata Kingsoft juga main di Linux. Dan gak tanggung-tanggung, dengan tetap membawa semangan berbagi, Kingsoft membuat site khusus buat komunitas di http://wps-community.org/. Versi terakhir adalah A12.  Yang pengin donlod boleh klik link ini.

Penampakan
Dari sisi penampakan, sepertinya Kingsoft enggan untuk membuat penampakan yang berbeda sebagaimana pada OpenOffice.  Kingsoft lebih suka untuk 'meniru' penampakan dari Microsoft Office. Buat saya yang make, ini bukan suatu kesalahan.  Karena bagaimanapun harus diakui bahwa the real office standard adalah Microsoft Office.  Dan antar muka aplikasi juga akan sangat menentukan bahwa suatu aplikasi Office akan digunakan oleh user atau tidak.  Dan, dengan mimics tampilan Microsoft Office, user juga tidak akan disulitkan dengan perubahan kebiasaan.

Penampakan Kingsoft Office di Ubuntu 12.0.4 dekstop.

Dari gambar di atas, sepertinya agak aneh bila masih ada yang takut menggunakan linux.  Lihatlah, betapa cantiknya dokumen yang diedit dengan Kingsoft Writer.  Atau spreadsheet ini,

Penampakan Spreadsheet Kingsoft pada Ubuntu 12.0.4 Desktop
Atau bagaimana dengan presentasi ini?

Hmmm... saya yakin, sebagian kita sudah mulai berfikir, bahwa menggunakan Microsoft Windows sekarang bukan lagi keharusan.  Terima Kasih Kingsoft!!!!

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended