Thursday, October 10, 2013

Zimbra 8, Membatasi Pengirim Ke Distribution List Hanya dari Suatu Domain

wihartoyo wihartoyo     Thursday, October 10, 2013     No comments

(Zimbra ver. 8 dan ver. 5 dipakai untuk referensi, karena ini yang pernah saya pergunakan. Kedua-duanya edisi open source).

Zimbra merupakan salah satu Mail Server favorite saya, terutama pada web client nya yang cocok untuk diimplementasikan dalam kebutuhan bisnis. Cuma sayang, untuk versi 8, ada satu fitur kolaborasi yang hilang,  web chat.  Tapi ini tidak menjadi masalah, bila kemudian bisa tertutupi dengan banyak kemudahan yang disediakan untuk proses adminnya.  Salah satunya adalah pembatasan akses distribution list yang pada versi 5 masih harus dilakukan dengan ngoprek langsung ke server console nya dengan menambahkan beberapa script dan database.  Pada Zimbra versi 8, proses tersebut telah dipermudah dengan sedikit action di server console dan web base admin interface nya.

Pembatasan pengirim email ke distribution list bisa dilakukan dengan meng-enable-kan milter server melalui Zimbra admin interface pada Configure->Global Settings->MTA, sebagaimana bisa dilihat pada gambar berikut:

Enabling Milter Sever
Kemudian, setelah kita aktifkan Milter Server nya, langkah selanjut nya adalah grant akses kepada semua account domain terpilih untuk mengirim ke distribution list (detil bisa dilihat di sini).  Perintah pemberian grantt ini, saat ini hanya bisa dilakukan dari server terminal console. Dan bila kita hanya memberikan akses kepada domain, sebagai contoh, mastoyo.com, maka kita bisa menjalankan zmprov dengan perintah grantRight / grr. Syntaxnya adalah:


zmprov grantRight(grr) {target-type} [{target-id|target-name}] {grantee-type} [{grantee-id|grantee-name} [secret]] {right}

sederhananya:
zmprov grr dl <dlname@example.com> dom <example.com> sendToDistList


Contoh, kita hanya memberikan akses mengirimi email ke distribution list allUser@mastoyo.com hanya kepada seluruh account pada domain mastoyo.com maka perintahnya adalah:
root@mail:~#su - zimbra[enter]
zimbra@mail:~#zmprov grr dl allUser@mastoyo.com dom mastoyo.com sendToDistList[enter]

Ada kalanya, kita mempunya banyak distribution list dan akan menjalanka pembatasan itu, maka kita bisa membuat shell scrip sederhana yang berisi baris-baris sebagai berikut:
#ambil seluruh distribution list yang ada dengan 'zmprov gadl' dan berikan grantt hanya ke domain mastoyo.com
#kepada masing-masing distribution list.

for dl in `zmprov gadl mastoyo.com`; do
zmprov grr dl $dl dom mastoyo.com sendToDistList
done;


O ya, jangan lupa mereload milternya dengan:
zimbra@mail:~#zmmilterctl reload[enter]
Setelah kita jalankan script di atas, kita bisa mencoba mengirim email dari luar domain. Dari gmail.com misalnya. Jika kita berhasil, maka pengiriman dari user di luar domain mastoyo.com akan ditolak. Gambar berikut adalah contoh tolahan e-mail yang dikirim ke suatu distribution list.

Monggo, silakan mencoba.


,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended