Thursday, August 21, 2014

Jamuran

wihartoyo wihartoyo     Thursday, August 21, 2014     No comments

Jamuran
Ingat jaman masih kanak-kanak di kampung dulu, setiap bulan purnama selalu kami bermain di luar rumah.  Menikmati indahnya terang bulan purnama sambil melakukan permainan bocah (dolanan bocah).  Dolanan bocah yang umum dilakukan saat bulan purnama adalah jamuran. Ini adalah permainan yang seru kala itu. Sambil bercanda dan tertawa-tawa dalam suasana yang riang dan lepas.  Suasana kekanakan yang sangat membahagiakan. Ah... tak melamun dulu mengenang masa itu............

Aturan bermainan jamuran sangat sederhana.  Permainan ini biasanya diikuti oleh 6 orang atau lebih. Jika 6 orang maka 1 orang berdiri di tengah dan 5 orang sambil bergandengan tangan membentuk lingkaran memutari si satu orang tadi.  Menentukan siapa yang berdiri di tengah dilakukan dengan hom-pim-pah  dan ping-sut sampai mendapatkan satu yang paling kalah/jadi.
Setelah mendapatkan yang jadi, maka 5 orang lain membentuk lingkaran sambil berputar menyanyikan lagu

jamuran jamuran
yo gé géthok
jamur opo
yo gé géthok
jamur gajih mbejijih sa oro oro
siro badhé jamur opo

Setelah menyanyikan lagu itu, lingkaran berhenti sambil menanyakan kepada yang jadi

hayo jamur opo?

Yang jadi harus menjawab dengan jawaban semau dia.  Misal,

Jamur kethék

Jawaban ini kemudian dipraktekkan oleh peserta yang membuat lingkaran dengan meniru gerak-gerik  kethek (monyet).  Apabila ada yang gagal menirukan, maka yang gagal itu kemudian harus berdiri di tengah (jadi).  Pada saat menirukan gerakan inilah maka terjadi suasana yang paling menggembirakan.  Semua tertawa senang.

Ya.... Masa kecil memang membahagiakan.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended