Wednesday, May 6, 2015

GrooveShark Online Lagi

wihartoyo wihartoyo     Wednesday, May 06, 2015     No comments

GrooveShark adalah penyedia layanan streaming musik online. Banyak yang menggunakan layanan ini, namun sayang pengamanan GrooveShark (mungkin dibikin) kurang handal sehingga banyak orang dengan mudah mendownload lagu. Melalui aplikasi GrooveSquid, dengan mudah kita mendownload lagu.
GrooveShark.io

Setelah sekitar semingguan (sekira 30 April 2015), GrooveShark gak lagi bisa diakses. Padahal layanan ini telah benar-benar membantu para penggemar musik (termasuk yang nakal) untuk dengan mudah menikmati musik. Namun sayang, layanan yang telah berumur 8 tahun ini (berdiri sekira 2006), harus kalah setelah perjuangannya melawan industri musik yang merasa dirugikan dengan adanya layanan ini.
Benar GrooveShark sudah melanggar hak cipta, dan tidak sedikit pula konten dari GrooveShark yang ber-copyright yang bisa diakses dengan bebas. Permasalahan terbesar justeru dari grooveshark-nya sendiri yang sepertinya justeru memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan download. Atau setidaknya GrooveShark dengan sengaja membiarkan celah untuk melakukan download sehingga seakan menyediakan semacam kesempatan kepada pengguna untuk mendownload musik. Dengan adanya ini dengan mudah orang mendownload musik dengan menggunakan perangkat lunak semacam GrooveSquid. Dan untuk kesalahannya, sebagaimana disebutkan dalam halaman http://grooveshark.com, GrooveShark harus menghapus semua konten musik yang dimilikinya.
Namun, apakah GrooveShark telah ‘mati abadi’?
Ternyata tidak. Dengan nama sama, menempati tld lain, saat ini GrooveShark telah kembali online dengan tampilan yang masih begitu sederhana. Cuma apakah ini memang dari GrooveShark sendiri atau hanya dari group fan yang cukup bandel kurang diketahui, cuma memang diketahui mereka sempat melakukan backup terhadap 90% konten milik GrooveShark.
Dan GrooveShark yang baru ini sekarang telah menampilkan semacam disclaimer untuk melindungi diri dari peperangan dengan pemilik hak cipta. Meskipun ini mungkin tidak bisa membatasi DMCA, sehingga kita pun tidak tahu sampai kapan GrooveShark baru ini akan bertahan.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended