Wednesday, May 13, 2015

Karena Microsoft Sayang Sama Linux, ver. 10 adalah Versi Terakhir Windows

wihartoyo wihartoyo     Wednesday, May 13, 2015     No comments

Berita yang cukup mengejutkan kami dapat pada beberapa terakhir ini dari berbagai situs berita baik dalam maupun luar negeri. Microsoft Menghentikan Produksi Windows, dan Microsoft hanya akan membuat windows 10 sebagai windows versi terakhir. Waw, betulkah itu? Bukannya, Windows adalah salah satu mesin uang Microsoft? Apakah ini ada kaitannya dengan pernyataan Satya Nadella tentang "Microsoft Loves Linux"?
Memang menjadi pertanyaan bagi banyak orang, kalau tiba-tiba "teman kita" yang satu ini "berhenti" memproduksi Windows dan Windows 10 adalah versi terakhir buat Windows. Tidak akan ada lagi Windows 11, Windows 12 de es te... Ada apa ini?
Windows yang selalu memberikan keuntungan dari setiap penjualan PC baru, keputusan ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi Microsoft.
Namun bagi Steve Kleynhans, analyst Gartner yang memonitor Microsoft kepada BBC, "ini adalah langkah positif, namun tentunya banyak mengandung risiko"
Masih menurut dia lagi, "Microsoft harus bekerja keras untuk selalu menyediakan update serta menambah dan menyempurnakan fitur"
Dan, kelihatannya memang Microsoft memang akan fokus kepada produk yang bersifat layanan. Sesuatu yang lebih mudah dikontrol, mungkin. Bahkan sepertinya penjualan Office lebih diarahkan kepada Office 365 yang berbasis komputasi awan. Sepertinya melalui slogan "mobile first, cloud first" dari Satya Nadella, Microsoft berusaha menggiring customernya untuk lebih menggunakan komputasi awan. Namun, seperti kita ketahui, raksasa teknologi semacam Amazone dan Google, bukan cuma menggunakan Linux, tetapi juga menjajakan layanan mereka sebagai PaaS (Platform as a Service) dan IaaS (Infrastructure as a Service). Pada satu sisi, Linux yang merupakan plaform opensource memaksa Windows dengan Azure nya untuk lebih berhati-hati. Artinya, Microsoft harus lebih ramah dengan Linux sebagaimana "Microsoft Loves Linux", karena Microsoft sekarang akhirnya harus berenang di kolam yang sama dimana Linux telah lama bermain di situ. Kolam itu namanya Layanan

Dari berbagai sumber.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended