Thursday, June 11, 2015

Celah Pengamanan Mail Client Bawaan iOS 8.3

wihartoyo wihartoyo     Thursday, June 11, 2015     No comments

Kabar kurang menyenangkan terpaksa kami sampaikan kepada para pengguna iOS 8.3. Ada celah pengamanan yang terdeteksi pada aplikasi mail client bawaan iOS. Celah pengamanan ini memungkinkan penyerang untuk
  1. Menguasai iCloud korban
  2. Berlaku seolah-olah korban dan melakukan pengiriman e-mail ke kontak dari korban untuk mencari korban berikutnya atau untuk kepentingan lain.

Celah pengamanan ini diketemukan oleh peneliti pengamanan, Jan Souček, Januari tahun ini (2015). Menurutnya bug yang dia ketemukan pada iOS 8.3 ini masih memungkinan untuk menjalankan external HTML dan css code sederhana sebagai password 'collector', meskipun JavaScrpt telah dinontaktifkan. Bug ini telah dilaporkan kepada Apple semenjak Januari (saat dia ketemukan) namun belum ada perbaikan hingga sekarang.
Celah ini mengindikasikan Apple telah mengabaikan (ignored) beberapa baris kunci pada incoming mail, sehingga iOS device bisa menjalankan embedded code. HTML code ini meniru secara meyakinkan message box yang menanyakan username dan password dari iCloud. Sebenarnya ini adalah message box palsu dan bisa diabaikan, namun umumnya orang akan tunduk/mengikuti maunya (yang dianggap dari) aplikasi begitu saja tanpa rasa curiga. Karena password telah dikuasai, melalui celah pengamanan ini, seorang penyerang bisa beraksi secara meyakinkan untuk melakukan phising (berpura-pura sebagai pemilik akun) untuk melakukan penipuan (scamming) dalam rangka mencari target berikutnya.

Tidak jelas, mengapa Apple tidak cepat tanggap terhadap laporan ini. Setelah 6 bulan berlalu, belum ada langkah jelas dari Apple untuk melakukan patch terhadap celah ini. Hal ini membuat Jan Souček merasa tidak puas sehingga dia kemudian mengupload code malware itu ke public untuk mendukung social engineering awareness sehingga orang lebih berhati-hati dalam menggunakan iOS device mereka. Meskipun hal ini bagi saya adalah pedang bermata dua. Dimana bila Apple tidak segera menerbitkan patchnya, maka justeru akan semakin banyak orang yang menggunakan celah ini untuk kepentingan mereka, disamping semakin banyak pula orang yang lebih berhati-hati.

Hal hal yang disarankan karena adanya celah pengamanan ini adalah:
  1. Jangan menggunakan e-mail client bawaan dari IOS 8.3
  2. Lebih berhati-hati untuk menginput nama user dan password yang ditanyakan oleh message box. Yakinkan dulu bahwa itu memang berasal aseli dari device, bukan merupakan kode asing.(HAR/110615)
Proof of Concept celah pengamanan iOS 8.3 


Sumber:
http://www.effecthacking.com/2015/06/ios-mail-app-flaw.html
http://www.idownloadblog.com/2015/06/10/ios-mail-icloud-spoof/

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended