Thursday, June 11, 2015

Sourceforge Bukan Lagi Tempat Yang "Aman" Untuk Mendapatkan Aplikasi Opensource

wihartoyo wihartoyo     Thursday, June 11, 2015     No comments

Gimp Windows
Sebenarnya ini adalah pengamalaman pahit dari Gimp (aplikasi pengolahan citra opensource). Gimp yang telah bertahun-tahun menaruh projectnya di Sourceforge agar bisa diunduh oleh para pengguna, merasa sakit hati karena produknya telah ditunggangi oleh Sourceforge untuk mendapat keuntungan sendiri tanpa ijin dari Gimp terutama pada pengguna Windows. "Sourceforge telah mengambil alih kontrol terhadap Gimp Windows dan sekarang telah mendistribusikan Gimp sebagai software beriklan pada pross instalasinya" kata GIMP pada google-page nya (https://plus.google.com/+gimp/posts/cxhB1PScFpe). Namun kata Sourforge, "Gimp-Win telah terdaftar sejak tahun 2004, namun mulai 2013 Gimp telah tidak lagi menggunakan sourceforge sebagai pengantar unduhan (download delivery)."

Mandegnya project Gimp-Win ini mentrigger Sourceforge untuk merubah penangananan terhadap Gimp-Win. "Pada suatu kasus, dimana suatu project tidak lagi dimaintain, sourceforge akan menghubungkan dengan mirror dari project tersebut dimanapun itu, untuk menjamin kelanjutan release. Dan itu telah berlaku untuk Gimp-Win" lanjut sourceforge tanpa menjelaskan kenapa dia menyisipkan iklan dalam langkah itu.

Bagi saya, ini adalah bentuk perselisihan hak opensource. Dan dalam hal ini, sourceforge memanfaatkan celah dimana dia tidak merubah source sama sekali. Dia hanya memanfaatkan fungsinya sebagai download hub dalam distribusi product opensource dengan menyisipkan iklan dan (mungkin) produk lain untuk diinstall melalui aplikasi installer dari aplikasi yang didownload. Namun sayang, tingkah sourcefotge ini tidak didahului dengan komunikasi yang baik dengan pihak Gimp (atau mungkin produk lain juga begitu). Sehingga menimbulkan kemarahan dari Gimp sendiri maupun pengguna dari Gimp. Dan pastinya kenapa Gimp yang diulik oleh sourceforge, adalah karena Gimp telah banyak mempunyai user.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended