Tuesday, July 7, 2015

Bahkan Hacker pun Kena Hack

wihartoyo wihartoyo     Tuesday, July 07, 2015     No comments

Jangan dikira bahwa hacker gak bisa dihack.  Ibarat, pendekar beradu ilmu, salah satu pasti ada yang bakal kalah.  Baru-baru ini, Hacking Team (HT), sebuah perusahaan kontroversial berbasis di Italia penyedia aplikasi spyware dan malware justeru kena hack. Nah lo.. Penjahat dijahati he he he.... Gak tanggung-tanggung, 500GB data milik internal HT, diambil hacker dan dipaparkan di internet.  Dan, kalau memperhatikan bahwa 500GB adalah bukan volume yang kecil dan pastinya butuh waktu banyak untuk menyelesaikan penyalinannya, maka makin terlihat bahwa HT benar-benar kedodoran ketika mereka kena serangan, sehingga konten dari internal e-mail, dokumen-dokumen penting menyangkut kontrak yang ditangani dan dokumen finansial yang seharusnya terjaga kerahasiaannya, oleh hacker yang tidak dikenal menjadi dokumen yang tersedia untuk publik secara online. Bukan itu saja, bahkan akun tweeter HT pun dideface. Betul-betul sebuah bencana.
Courtesy www.thehackernews.com

Hacking Team pada awalnya mengaku hanya bekerja untuk pemerintahan demi penegakan hukum, namun dengan kejadian ini, daftar dari pemerintahan dan bisnis yang pernah menjadi client-nya terungkap sudah ke mata publik.

Hal yang layak menjadi perhatian buat kita di sini adalah bahwa lembaga yang punya kompetensi pengamanan saja bisa kena hack. Ini berarti bahwa hacker tidak memilih yang mudah untuk dihack.  Semakin sulit dan semakin menantang itulah yang mereka pilih.  Dan hacker tidak pernah berhenti untuk mencoba sampai mereka berhasil. Sehingga kita pun tak boleh lengah mengantisipasi.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended