Tuesday, July 7, 2015

Tentang Ultraman; Pahlawan Jepang Yang Mendunia, Salah Satu Teman Masa Kecil

wihartoyo wihartoyo     Tuesday, July 07, 2015     No comments

Google Doodle Ultraman
Pagi ini, ada kejutan yang bikin saya tersenyum. Google Doodle, hari ini temanya adalah ulang tahun Eiji Tsuburaya sang pereka tokoh Ultraman atau dalam lidah Jepang disebut Urotoraman, tayang pertama pada 7 Juli 1966 di TBS (Tokyo Broadcasting System). 

Urotoraman atau Ultraman adalah Tokusatsu atau SciFi, seorang pahlawan super yang berukuran rasaksa. Bila beberapa halaman wiki mengatakan bahwa ide pahlawan super berukuran raksasa adalah ide aseli Tsuburaya, bagi saya itu bukan aseli. Mungkin di Jepun sono, ide aseli. Namun di Indonesia raya nan kaya dan tercinta ini, itu bukan ide aseli.  Banyak tokoh pewayangan kita seperti Yudistira, Puntadewa, bahkan yang paing fenomenal adalah Prabu Kreshna yang mampu melakukan tiwikrama, alias berubah menjadi raksasa.  Meskipun itu terjadi ketika yang melakukan sedang murka.  Jadi Ultraman adalah bentuk Tiwikrama dari pahlawan Jepang. 

Meskipun begitu dan di luar semua itu, karakter Urotoraman sendiri memang aseli Jepang dan rekaan tokohnya pun aseli Jepang. Sebenarnya, yang mendukung keaselian Urotoraman, bukanlah pada ukuran karakternya, namun pada kostumnya.  Jika pada masa itu, pahlawan super produk bule lagi demen make baju ketat dengan celana yang rata-rata kebalik, Urotoraman tampil bak robot dengan mata faset serangga, serta tanduk helmet macem tentara romawi. Sesuatu yang menginspirasi lahirnya PowerRangers, mungkin.

Sebenarnya Ultraman adalah sosok yang berasal dari Nebula M78 (berapa kali lipat M16, he he he.. ada inspirasi Ian Flemming gak ya?) yang dalam keseharian menjadi dosen pada Space University dan juga menjadi anggota Space Garrison. Ayahnya adalah ketua Space Security, sementara ibunya adalah guru di sekolah Ultra.  Kedatangan mereka pada awalnya adalah untuk memburu monster Bemular. Dari sinilah kemudian Ultraman menjadi penduduk bumi. Diceritakan, pada saat memburu monster tersebut, pesawat Ultraman bertabrakan dengan pesawat patroli angkasa SSIT. Dalam kecelakaan itu, sang pilot SSIT, Hayata nyaris mati terbunuh.  Dan untuk menebus perasaan bersalahnya, kemudian Ultraman memilih untuk menetap di bumi dengan menyatu dalam tubuh Hayata.  Dan, jadilah Hayata pahlawan super Ultraman. sampai saat ini. Meskipun bukan pahlawan bumi sesungguhnya, namun, Ultraman adalah pahlawan yang menemani masa kanak-kanak kebanyakan orang.  Bukan hanya di Jepang, di Indonesia juga banyak yang maa kecilnya ditemani oleh Ultraman.  Termasuk saya.

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended