Tuesday, August 18, 2015

Android M itu Marshmallow

wihartoyo wihartoyo     Tuesday, August 18, 2015     No comments

Google akhirnya “bikin bubur merah” untuk Android 6.0 dengan menamainya sebagai Marshmallow. Adiknya Lolipop ini telah mempunyai beberapa fitur andalan seperti pemindaian sidik jari, pengaturan ijin penggunaan aplikasi (gaya baru), dan fitur penghematan baterai. 

Sebagaimana para pendahulunya yang menggunakna code name dari nama makanan. Android M yang telah mulai diperkenalkan pada Mei lalu akhirna dipernalkan sebagai Mashmallow direpresentasikan sebagai robot hijau yang sedang menggendong Marshmallow. 

Disamping ftur sidik jari dan pengaturan ijin penggunaan aplikasi model baru, beberapa fitur tambahan yang bisa dilihat pada developer preview antara lain:

Visual Voicemail

Visual voicemail adalah fitur voice mail yang ditampilkan dalam antarmuka visual. Bisa jadi ini adalah perubahan kecil, hanya merubah tampilan voice mail dalam tampilan yang lebih interaktif. Dan ini pun bergantung kepada carrier dalam hal aktifasi dan penggunaannya.

Rotating Home screen

Rotating home screen, mungkin salah satu fitur visual yang cukup atraktif yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layar homescreen dalam posisi landscape.

Dark Theme yang Menghilang

Entah dengan alasan apa, pada android M, bukan saja di setting menu, dark theme telah dihilangkan. Pada developer preview versi terakhir, sudah tidak lagi bisa dijumpai tampilnya dark theme.

App Drawer yang Lebih Baik

Pada versi kedua dari Android M dev. Preview, App Drawer yang sebelumnya dikempokkan dalam kelompok menurut abjad dan ditampilkan dengan pembatas yang tegas saat ini sudah tidak lagi. Kelompok app berdasar abjad masih di berlakukan namun, nama kelompok ditampilkan dalam buble yang melayang sehingga layar bisa muat lebih banyak aplikasi.

Status Bar yang Dihilangkan

Mungkin ini merupakan perbaikan yang paling banyak disukai orang.  Status bar (baris yang menampilkan waktu, persentase batere, kekuatan signal dll), sudah dihilangkan layar teratas dan secara customized, user bisa menampilkan status bar sebagai bagian dari menu.

RAM Manager

Ram manager menu, diletakkan pada posisi yang paling mudah dibaca oleh user. Meskipun belum diketahui seberapa sering seorang user mengakses item RAM, namun dengan pemindahan posisi ini mungkin diharapkan user lebih familiar dengan RAM mereka (maksudnya mungkin biar user gak gampang komplen baarankali ya?!!)

Fitur Pengamanan

Pengaturan ijin penggunaan aplikasi
Jika sebelumnya, pemberitahuan tentang apa yang akan diakses oleh aplikasi adalah pada saaat dilakukannya instal, pada andorid M, itu dirubah menjadi pada saat pertama kali applikasi dipergunakan. Kita tidak harus menyetujui pemberian ijin yang mungkin tidak anda kehendaki,


Sidik Jari
Sidik jari bukan cuma akan digunakan untuk membuka henfone, tetapi juga dipergunakan untuk mengauthentikasi pembayaran playstore.

Penghemat Batere
Fiture ini diperkenalkan sebagai Doze yang digadang-gadang mampu meningkatkan waktu standby. Fitur ini akan mneggunakan sensor gerak untuk memastikan bahwa device tidak sedang dipergunakan sehingga bisa ditentukan untuk mengurangi background process sehingga bisa diharapkan akan meningkatkan daya tahan baterei.




0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended