Thursday, January 7, 2016

Deepin Install Linux Cantik dalam 3 Langkah

wihartoyo wihartoyo     Thursday, January 07, 2016     No comments

Iseng-iseng cari linux dengan tampilan tercantik, mataku nyangkut ke distro Deepin.  Aselinya distro ini bikinan China yang tulisannya sulit aku baca, tapi di penghujung 2015 Deepin nongol dengan versi 15 yang meskipun belum stable (unstable), tapi wow dia sudah ada basa Inggris dan basa Indonesia nya. Hmmm....
Setelah pikar-pikir-pikar-pikir, akhirnya tak donlod juga iso nya.  Yang bikin aku terkaget-kaget adalah bahwa installasinya cuma butuh tiga langkah doang.  Tapi ya, karena ada kastemisasi di partisinya (ada data yang kudu aku piara), total langkah jadi ada 4, meskipun tercatat cuma 3. Cukup merepotkan buat yang biasa kastemisasi.  Termasuk sayah.
Deepin ini adalah distro turunan dari Debian Jessie (pada beberapa site disebut sebagai turunan ubuntu), bisa dicek dengan menjalankan 'lsb_release -a' yang akan menampilkan hasil berikut:

No LSB modules are available.
Distributor ID: Deepin
Description: Deepin 15
Release: 15
Codename: jessie

Dari sisi tampilan, linux ini sangat boleh dibilang cantik, secantik perempuan china dengan busana tradisionalnya .

Desktop Deepin 15
Kalau di Android kita mengenal drawer untuk menampilkan semua koleksi aplikasi terinstall, maka Deepin juga punya yang bisa diaktifkan dengan mengklik ikon roket pada docknya, atau melewatkan mouse ke kanan atas.

Application Launcher Deepin 15
Disamping itu, file manager, terminal console, dan system settings juga memiliki cita rasa yang berbeda dibanding linux lain.

Tampilan beberapa fitur

Yang menarik adalah bahwa linux ini telah dibekali Deepin Store yang berbeda dengan fitur sejenis pada distro lain.  Deepin store ini seperti di-kastemisasi sendiri sepenuhnya oleh team deepin sehingga bisa mempunyai tampilan yang menarik.

Deepin Store menampilkan WPS Office

Deepin Store, ya karena Distro dari China, wajar kalo njagoin WPS Office, meskipun masih Alpha dalam katalognya.

Tapi...., nah ini ada tapinya.  Sepertinya team pengembang masih belum terlalu bernafsu untuk menguasai pasar Linux.  Buktinya ada antivirus yang tulisannya gak bisa saya baca. Seperti ini, nih....

Qihu 360 Total Security
Nah lo... siapa yang bisa baca...

Tapi bagaimanapun, distro ini merupakan alternatif cantik untuk para penggemar linux.  Boleh dicoba sendiri di rumah tanpa perlu didampingi ahli.  Hanya 3 langkah. Ingat hanya tiga langkah dan harus hati-hati kalo punya data di hard disk.

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended