Monday, February 29, 2016

CTB-Locker for Websites

wihartoyo wihartoyo     Monday, February 29, 2016     No comments

CTB-Locker
Infected (scr:bleepingcomputer.com)
CTB-Locker dengan CTB yang merupakan singkatan dari Curve-To-Bitcoins adalah nama umum yang disematkan untuk virus-virus dari kelompok ransomware yang memanfaaatkan kekuatan enkripsi untuk bisa memeras korbannya. CTB-Locker dengan beberapa varian seperti CryptoDefense, CryptoWall, CryptoBit, dan CryptoLocker mempunyai pola yang sama satu sama lain dalam hal penyebaran dan cara meninfeksinya. Kecuali untuk cryptolocker yang memilih cara lebih ganas dengan memnggunakan celah pengamanan yang ada pada system korban. Oleh karena itu, selain menggunakan cara-cara yang umum seperti mail messages dan website yang berbahaya (malicious websites), CryptoLocker juga menggunakan outdated application/system files atau program untuk melakukan aksinya dan menyebar luas.

Virus-virus tadi adalah virus-virus yang menginfeksi system komputer dari user. Baru-baru ini, Bleepingcomputer melaporkan adanya type lain dari ransomware CTB-Locker ini; CTB-Locker for Websites.

Waw, apapula ini?
Intinya masih sama dengan dengan yang lain. Encrypt dan paksa pemilik mengeluarkan uang untuk menebus kunci decrypt nya. Bedanya, kalau sebelumnya yang menjadi korban adalah system dari pengguna (user), untuk kali ini bukan pengguna yang di-hajar. Tapi server dari suatu website. Pada website yang terinfeksi, virus akan mengganti index.html dan index.php dengan index.html dan index.php versi mereka. Kedua file ini kemudian akan melakukan enkripsi AES-256 terhadap seluruh file yang ada di dalam direktori yang bisa dikenali oleh website dan mengganti teks pada halaman utama dengan peringatan yang berisi informasi bahwa website telah ter-encrypt dan menuntuk pemilik websites untuk membayar sejumlah dana melalui bitcoins agar dapat melakukan dekripsi.

Free Decrypt
Free Decrypt, (src:bleepingcomputer.com)

Oleh karena, mungkin, beberapa CTB-Locker tidak bisa melakukan dekripsi dengan sempurna yang menyebabkan korban lebih suka mengabaikan filenya daripada melakukan penebusan kunci dekripsi, CTB-Locker for Websites menyediakan test dekripsi untuk 2 file yang terpilih secara acak oleh virus ini. Hanya dua file dan itu tidak bisa dipilih oleh korban.

Chat Interface
Chat Interface, (src:bleepingcomputer.com)

Dan, untuk melancarkan tujuannya, para pengembang ransomware pun menyediakan interface untuk bisa melakukan chat antara korban dengan pengembang ransomware nya. Terbayang untuk melakukan tracing lokasi? Silakan, karena mereka berjalan di belakang jaringan TOR (The Onion Router) yang bahkan Russia pun membuka sayembara untuk membobol TOR.

Jadi, sebelum websites kita terkena serangan virus ini, sebaiknya kita selalu melakukan backup terhadap seluruh file pendukung websites kita secara offline setiap saat dilakukan perubahan.  Dan yang pati, pastikan pengamanan maksimal agar tidak ada satupun yang mampu melakukan perubahan terhadap file apapun di dalam server, dan dalam hal ini terutama index.php dan index.html

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended