Friday, July 22, 2016

Kerang Penghasil Mutiara Air Tawar

wihartoyo wihartoyo     Friday, July 22, 2016     No comments


Kerang mutiara air tawar adalah kerang penghasil butir-butir mutiara air tawar, kerang yang habitat hidupnya di Perairan Tawar (Non Laut), kerang jenis ini memiliki nama ilmiah Margatifera margatifera, salah satu jenis species yang terancam punah, jenis moluska dan termasuk ke dalam Family Margaritiferidae. Jenis species kerang lainnya yang dapat menghasilkan butir mutiara air tawar adalah Hyriopsis dan Amblema, habitat asli penyebarannya di Wilayah Asia dan Amerika Utara, kedua jenis species tersebut memiliki keterkaitan dengan family Unionidae.

Ciri-cirinya ialah memiliki cangkang nacre yang tebal, nacre adalah istilah dalam kekerangan yang artinya induk/ibu dalam lapisan mutiara (Mother of Pearl). Kerang mutiara jenis ini mampu menghasilkan butir mutiara yang indah dan berkualitas, dan mampu menghasilkan 5 hingga belasan butir mutiara per ekor kerang.
Kerang mutiara air tawar

Ia memiliki 2 (dua) cangkang yang simetris dan  engsel yang dapat membuka dan menutup untuk melindungi tubuhnya dari hewan pengganggu (predator), cara makan dan kebiasan hidupnya adalah menempel pada substrat, dan memakan jenis-jenis plankton (fitoplankton & zoo plankton) dengan cara menyerap/menyedot (filter feeder).              

ciri lainnya adalah cangkang yang berwarna coklat kekuningan, pada umur kerang muda berwarna  gelap.

Habitat penyebaran hidupnya di sungai, rawa, dan danau. Kedalaman antara 0,5 m s/d 2 meter adalah terbaik baginya dengan dasar perairan didominasi kerikil dan pasir, jika dasar perairan didmonisasi oleh lumpur maka aliran pasokan oksigen kurang lancar.

Kerang mutiara air tawar menghasilkan beberapa butir hingga belasan mutiara dalam sekali siklus panennya dengan berbagai bentuk dan warna yaitu round (bulat), semi round (agak bulat), oval (lonjong), baroq (bentuk tidak beraturan), potato (bentuk kentang), dengan varian warna peach, orange, semi pink, putih, silver dan kuning.

Berbeda dengan Kerang mutiara air laut yang dalam  sekali siklus panen hanya menghasilkan 1 butir saja per/ekor kerang. (dari fb Khadijah Alwi )

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended