Wednesday, June 10, 2015

Hati-hati dengan NFC Device Anda

wihartoyo wihartoyo     Wednesday, June 10, 2015     No comments

Teknologi semakin maju dan semakin memudahkan manusia untuk melaksanakan aktifitasnya. Perkembangan teknologi gadget (c.q. smartphone) yang sudah bisa dikatakan sebagai personal komputer yang lebih kecil dari PC, semakin hari semakin menggila. Sebagai perangkat cerdas yang mudah dibawa-bawa, saat ini smartphone sudah semakin 'dilengkapi' dengan berbagai fitur tambahan. Bahkan meskipun namanya smartphone dengan phone sebagai salah satu pembentuk namanya, kemampuan telephony saat ini bisa dikatakan cuma satu fitur dari smartphone. Salah satu fitur tambahan yang masih bisa dibilang baru disematkan adalah NFC kependekan dari Near Field Communication. NFC merupakan teknologi nirkabel jarak dekat yang dirancang untuk mentransfer data dengan cepat. Bergantung pada aplikasi yang terinsal pada perangkat Andan dan kompatibilitas NFC dari perangkat lain seperti tukar menukar data contact tanpa mengcopy secara manual dari satu gadget ke gadget lain.

Salah satu implementasi NFC umum saat ini adalah untuk untuk memudahkan pembacaan data kartu kredit. Namun, perkembangan saat ini, teknologi ini banyak digunakan oleh hacker sebagai alat copet elektronik (electronic pick-pocketing) setelah RFID.
Dari demonstrasi yang dilakukan oleh Ricardo J. Rodriguez dan Jose Vila pada Hat In The Box Security Conference di Amsterdam, terbukti bahwa smartphone dengan kemampuan NFC saat ini masih vulnerable. Serangan ini bisa terjadi melalui suatu aplikasi untuk mengeksploitasi fitur NFC sehingga memungkinkan hacker untuk mencuri uang dari kartu kredit korban dimanapun ketika kartu kreditnya berdekatan dengan smartphone yang telah ditanami aplikasi hacker tersebut.
Jadi, mari kita lebih hati-hati dengan kartu kredit yang telah dilengkapi NFC.

sumber: http://news.hitb.org/content/new-android-nfc-attack-could-steal-money-credit-cards-anytime-your-phone-near

,

0 komentar :

Berita PostgreSQL

Recommended