Tuesday, May 1, 2012

Meng-enable-kan mod_rewrite pada OpenSuSE

Wihartoyo     Tuesday, May 01, 2012    

Bener-bener, hari ini saya agak sedikit dibuat bingung sama nDoro OpenSuSE.

Lho pripun to Mas, kok sampe bisa bingung begitu?

Lha yo bingung. Gimana mau gak bingung? Wong barusan tuh saya memindahkan satu direktori penuh gak ada yang ketinggalan satu karakter pun, aplikasi web ke komputer lain.  Dengan PostgreSQL database enjin sudah terinstall dan bisa dikonek.  Dengan Apache juga sudah terinstall dan bisa dibrows.

Lha kok bisa ya?

Lha juseru itu pertanyaannya.  Kok, bisa?

Trus, gimana, Mas? Kok, sekarang kayaknya sudah bisa, ya?

Na, ternyata. Ternyata begini......


Begini gimana, Mas?

Begini, ternyata aplikasi yang saya pindahin itu kan dibikin make CodeIgniter yang ternyata ada konfigurasi yang membutuhkan modul rewrite diaktifkan.


Terus?

Na, mangsalahnya, konfigurasi default nya Apache2 di OpenSuSE memang sedikitnya banyak berbeda. Di Ubuntu, modul rewrite, secara default udah include dan langsung bisa dipake. Alias udah enable.  Sementara, ndoro SuSE ini, emang agak sedikit aneh.  Wong defaultnya sudah diinstall tapi cuma disimpen thok ki lho....


Terus, gimana, Mas, biar bisa. Biar bisa dipake?

Nah, gini.  Sini, tak ceritani.  Jadi gini.... Untuk meng-enable-kan modul rewrite di OpenSuSE, sampeyan bisa masuk atau login sebagai root.
Terus coba buka file  /etc/sysconfig/apache2 make apa aja sukanya sampeyan.  Bisa vi, nano, atau mcedit. Atau yang lain, sesuai selera sampeyan. Kemudian, cari bagian APACHE_MODULES yang kira-kira bakal begini ujudnya:

APACHE_MODULES="actions alias auth_basic authn_file authz_host authz_groupfile authz_default authz_user authn_dbm autoindex cgi dir env expires include log_config mime negotiation setenvif ssl suexec userdir php5"

Cari, ada tulisa 'rewrite' gak?  Kalo gak ada, tambahkan!  Kalo sampeyan udah tambah. Simpan.  Keluar.  Kemudian restart apache nya make perintah
linux:~#/etc/init.d/apache2 restart[enter]
Terus apalagi, Mas?

Coba sampeyan bikin file info.php di direktori /srv/www/htdocs yang isinya cuma 3 baris berikut:
<?php
phpinfo();
?>
Simpen.
Kemudian sampeyan coba buka broser, buka http://[host-nya sampeyan]/info.php.  Cari mod_rewrite! Seharusnya sudah muncul.

Ada yang lain lagi gak, Mas?

O, ya, masih ada.  Agar kita bisa meng-kastomais rewrite melalui .htaccess, sampeyan harus buka /etc/apache2/default-server.conf.  Cari AllowOverride None, dan ganti menjadi AllowOverride All yang ada diantara tag . Simpan konfigurasi sampeyan. Keluar dari editor trus jalankan;
linux:~#SuSEConfig[enter] --untuk meng-apdeit konfigurasi apache
linux:~#/etc/init.d/apache2 restart[enter]
Nah sekarang sampeyan bisa meng-kastemais .htdocs untuk memanfaatkan modul rewrite.

O, jadi gitu to, Mas?

Ya, gitu!

Makasih, deh, Mas!

Ya....!

, ,

Recommended